Kerangka kerja (frame work ) aplikasi

Dalam develop suatu aplikasi software program, adalah sangat penting untuk dapat memahami proses bisnis dari usaha yang akan diterapkan aplikasinya. Inti dari aplikasi adalah menyalin catatan transaksi dari kertas ke dalam bentuk digital di komputer. Yang menarik dari develop suatu aplikasi adalah, tiap-tiap usaha punya spesifikasi proses bisnis yang berbeda-beda tergantung dari kebijakan pemiliknya. Meski begitu, kerangka kerja (frame work) utama tetap sama. Pengalaman dari develop selama ini, frame work semua aplikasi selalu ada data induk, transaksi dan laporan-laporan.

Developer selalu meminta salinan berkas-berkas transaksi dan laporan2 yang telah dilakukan sebagai acuan awal pembuatan aplikasi. Laporan menjadi sangat penting, karena inti dasar aplikasi adalah menghasilkan laporan2 itu. Dari laporan itu, seorang pemilik ato manajer dapat membuat suatu keputusan dan rencana ke depan terkait progress bisnisnya.

Tahap – tahap develop :
1. kumpulkan data-data / laporan dari lapangan
2. analisa laporan dan buat desain database ( istilahnya normalisasi )
3. buat desain layout aplikasi + coding
4. buat laporan

pastinya gaya dan ciri khas, antar developer ber beda satu sama lainnya. Tapi yang utama adalah segi user friendly (kemudahan dalam penggunaan aplikasi) menjadi acuan utama.

Pcode dalam perkembangan selama ini, mempunyai ciri khas dengan memberi fasilitas pencarian data di tiap-tiap modul. Sehingga pemakai tidak direpotkan utk mengingat2 data yang berupa kode ato ID lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan