Lap Arus Kas/asset dalam manajemen keuangan non akuntansi.

Suatu sore,.pengusaha dari Pare, Kediri sekaligus mentor bisnis saya, telpon. “..mas aryo,.laporan pembayaran hutang piutangnya kok tidak ada ya?”. Kemarin staf saya tidak masuk, sehingga diganti dengan staf lain,.karena tidak “menemukan” laporan itu, uang pembayaran piutang tidak diserahkan staf pengganti itu…”dst.

Dan singkat cerita, saya sarankan sementara mengecek lewat laporan arus kas (meskipun, akhirnya laporan yang dimaksudkan sudah tersedia,.karena dengan tulisan menu yang kurang sesuai sehingga tidak tahu).

Dalam suatu manajemen keuangan, adalah sangat penting untuk selalu mencatat setiap kejadian serah terima atau pengeluaran kas terkait dengan operasional retal/bisnis (belum pendekatan akuntansi). Setiap pembelian, penjualan, penggajian, pelunasan Piutang/hutang dan lain-lain harus mempunyai catatan arus kasnya. Di dalam konsep aplikasi,program,software manajemen keuangan yang telah digunakan oleh klien saya, mempunyai pendekatan konsep arus asset. Karena pencatatan deviasi stok pun dicatatkan di tabel/laporan ini.

Gambar di http://rumahkode.wordpress.com/2010/04/02/lap-arus-kasasset-dalam-manajemen-keuangan-non-akuntansi/

Laporan ini sebagai monitoring terakhir, apabila tidak berhasil menemukan data transaksi yang dimaksudkan.
Tentukan periode tanggal yang dimaksud, kemudan tekan tombol utk melihat laporan dan juga utk mencetak pda tombol bawah.

Gambar di http://rumahkode.wordpress.com/2010/04/02/lap-arus-kasasset-dalam-manajemen-keuangan-non-akuntansi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan