Aplikasi usaha dagang sistem multi diskon

Potongan harga atau diskon adalah upaya untuk menarik pembeli agar selalu memakai jasa atau produk. Terutama di indonesia, ”Perang Diskon” bermunculan di toko-toko menjelang hari raya (lebaran). Calon pembeli secara tidak sadar akan berusaha mendekat dan masuk toko, yang awalnya hanya refreshing jalan-jalan, mereka akan terpengaruh dan akhirnya membeli. Berikut Contoh Nota dengan data fiktif nya: Terlihat dalam desain nota di atas, diskon ini tidak digunakan untuk melayani ”end user” atau pembeli secara umum. Diskon yang menggunakan tingkatan, biasanya digunakan untuk toko grosir yang memperkerjakan Sales untuk memasarkan. Diskon ini berbentuk prosen dari harga jual yang telah ditetapkan toko grosir. Secara konsep, sales diberi hak untuk ”memainkan” harga jual, dengan memberi tingkatan diskon. Misal harga jual yang dikeluarkan toko grosir 10.000 Diskon ke 1 dpt disk 2% >>(10.000 –(10.000 * 2/100)) =9.800 Diskon ke 2 dpt disk 1% >>(9.800 –(9.800 * 1/100)) =9.702 Diskon ke 3 dpt disk 3% >>(9.702 –(9.702 * 3/100)) =9.410,94 Diskon ke 4 dpt disk 2% >>(9.410,94 –(9.410,94 * 2/100)) =9.222,72 Hasil akhir harga setelah diskon adalah 9.222,72 yang nantinya akan dikalikan dengan ”jumlah barang yang dijual” akan menghasilkan ”sub total” nya. Dalam pemberian tingkatan diskon ini, mempunyai maksud dan kategori konsumen tertentu. Misal level diskon 1 diberikan untuk konsumen Toko Eceran, level 2 diberikan konsumen toko yang telah bertransaksi dengan minimal nominal tertentu dst.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan