Developer bangunan = developer aplikasi ??

Dalam ranah pembuatan aplikasi, entah desktop, web atau pun mobile..ternyata bisa disamakan dengan membangun sebuah rumah. Secara konsep atau pun detail pengerjaan, membuat aplikasi memang lebih tepat disebut membangun...sehingga jangan bingung jika mereka menyebut diri juga DEVELOPER.

Apabila tahap membuat sebuah rumah, didahului sebuah perencanaan (ini lebih tepat untuk wilayah orang arsitek), kemudian tahap pembangunan oleh orang sipil yang semua harus mengacu pada desain/skema dari orang arstitek tadi.

Sebelum membuat rancangan desain bangunan, tentunya juga memerlukan studi lapangan, terkait lingkungan, amdal dll. Kemudian disesuaikan dengan konsep dan fungsionalitas bangunan itu.

Serupa dengan itu,..membangun aplikasi, mesti melakukan studi lapangan, ato dikenal dengan Analis System. Membuat rancangan alur sistem dan struktur database. Dalam wilayah ini, lebih sering disebut tahap normalisasi tabel, yaitu dari berkas laporan dan atau transaksi yang ada.

Dan tahap membangun secara realita, mulai dari mengaduk semen,menata batu dll hampir sama dengan ”tukang jahit” yang sering betah lama2 di depan monitor.


Foto ini adalah contoh developer bangunan...dari mas Rifai Nur Arifin n mas Wintolo
Ada di daerah bakung, ngoto Bantul


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan