Stok dalam dimensi lembaran pada Digital Printing


Dalam sistem bisnis retail, jumlah stok adalah suatu yang mutlak ada informasinya. Stok adalah asset dalam bisnis itu dan menjadi komponen utama. Adapun satuan dari stok, mayoritas adalah bijian. Akan tetapi untuk retail yang menjual beras, tepung atau pun kacang-kacangan, satuan yang ada bias jadi adalah kilogram, meskipun untuk daerah tertentu menggunakan satuan liter. Begitu juga apabila stok berbentuk cairan, pastilah akan mempunyai satuan liter.  Silakan unduhsetup digital printing


Bagaimana dengan system informasi digital printing atau percetakan ? dalam produk aplikasi ini, bisa ditransaksikan baik satuan bijian, ataupun satuan lembar ( meter ). Khusus satuan lembar, bisa diasumsikan bahwa stok bahan cetak tertentu sudah mempunyai lebar yang sama akan tetapi panjang yang bebeda-beda, istilah untuk ini adalah bentuk gulungan.

Suatu saat apabila membeli karpet yang masih gulungan, pastilah pembeli akan ditanya berapa meter panjang yang akan dibeli. Hal ini dikarenakan stok karpet mempunyai ukuran lebar yang bebeda dalam menentukan macamnya.
Missal ada data Karpet jenis A 2,3 m  ; karpet jenis A 3,1 m ; karpet jenis B 2,1 m dan lain lain

Sehingga saat transaksi pembelian bahan karpet, yang dimasukan dalam isian jumlah adalah panjangnya. Dan akan sekaligus memperbaharui nilai stok bahan karpet tesebut.
Begitu juga saat penjualan, meskipun ada kolom isian lebar, panjang dan jumlah, maka yang dihitung untuk mengurangi jumlah stok bahan berbentuk lembaran ini adalah; panjang x jumlah.

Kenapa ukuran lebar tidak dimasukkan dalam variable untuk mengurangi jumlah stok yang tersedia ? jawabnya adalah : penentuan pilihan bahan dalam order dengan lebar tertentu, dipilihkan jenis bahan yang mendekati lebar pesanannya. Paham ? jika tidak kita asumsikan, ada order cetak banner: lebar 2,5 m panjang 7 m jumlah pesana  1 lembar.
Ada bahan flexy jenis A lebar 2,3 m ( panjang gulungan masih ada 12,5 m ) dan jenis B lebar 4 ,2 m ( panjang gulungan masih ada 20 m ).

Maka akan dipilih jenis B (lebar 4,2m), karena lebar mencukupi pesanan yaitu lebar 2,5 m. sehingga saat dikerjakan , stok  jenis B akan menjadi 20 – 7 m tersisa 13 m

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan