Kartu Stok Barang Dagang

Sebuah usaha bisnis, apa pun itu, pastilah menginginkan keterjaminan asset. Untuk ranah bisnis retail, monitoring stok sangat penting. Adalah sangat memusingkan para owner usaha, apabila setiap hari harus menjaga asset dia secara manual. ”lho..kan ada karyawan..tinggal minta mereka membuat laporan stok update nya”mungkin itu pikir Anda. Ulasan berikut menggambarkan kartu stok barang, adalah salah satu cara yang paling efektif.

Meski ada mekanisme menghitung stok, dengan cara silang, artinya karyawan A yang ada di bag A, diminta menghitung untuk bag B, sebaliknya, karyawan B menghitung di bag A. Jika rutinitas ini, sudah dilakukan berulang, pastilah tidak ada keterjaminan untuk ”tidak ada main mata” antar karyawan. Oleh karena itu, perlu dibangun suatu sistem kerja yang tercatat secara komputerisasi shg dapat melihat laporan update tiap stok dan owner bisa mengambil secara random status barang yang akan dilihat laporan nya


Suatu desain sistem informasi usaha dagang, mesti dapat mencatat transaksi tiap stok dalam periode tertentu. Transaksi-transaksi yang meliputi pembelian, penjualan, retur (beli dan jual) dan deviasi, adalah yang terkait dengan jumlah stok. Berikut gambar pergerakan jumlah stok dalam transaksi per periode tertentu.

Lap kartu stok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan