Program Software Aplikasi Akuntansi Usaha Dagang 3 : Fitur menu laporan

Dengan konsep Program Software Aplikasi Akuntansi untuk orang bukan akuntansi, user dapat memakai seperti program keuangan lainnya. Tidak ada tombol untuk menDebet Kreditkan. Perbedaannya terletak pada modul ”setting perkiraan”, yang dapat mencatat perkiraan-perkiraan baru dan membuat LINK untuk jurnal umum.

Dilengkapi modul penutupan/closing periode akuntansi, yaitu setelah dilakukan transaksi penyesuaian. Transaksi penyesesuaian (adjustmen) dilakukan untuk mendapatkan informasi sebenarnya dari laporan keuangan. Contoh : mencatatkan biaya gaji karyawan bulan Feb 2010 (link dengan Hutang gaji karyawan), meskipun gaji karyawan secara kenyataan baru akan diberikan pada tanggal 3 Maret 2010.

Penutupan akuntansi, tinggal menekan tombol Tutup. Mekanisme penghitungan Laba Rugi sudah sesuai dengan kaidah akuntansi. Salah satunya menghitung Pendapatan dan Biaya, dan secara otomatis akan dihitung dengan HPP untuk mendapatkan Laba Kotor. Pendapatan dan Biaya diNOL kan pada periode berikutnya sebagai awal saldonya. (tunggu penjelasan tentang mekanisme Closing Akuntansi pada Posting berikutnya)
Menu laporan akuntansi, sesuai dengan kaidah standar akuntansi terdapat :
1. buku besar per perkiraan per periode: laporan transaksi tiap perkiraan dalam rentang tanggal tertentu
2. neraca saldo: laporan posisi keuangan update
3. neraca Riil: laporan keuangan per periode bulan
4. laporan jurnal umum
5. laporan Laba Rugi


Menu lap perkiraan



Laporan LR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan