Analisa Laporan dalam Software/Aplikasi/Program Keuangan

Laporan adalah output terakhir dari desain suatu sistem informasi. Laporan yang baek adalah laporan yang informatif, dapat dibaca dengan mudah serta memberi keterangan sesuai kebutuhan. Suatu laporan, merupakan rangkaian proses analisa sistem dalam memahami proses bisnis, kemudian dijabarkan dalam desain struktur tabel database yang mesti memperhatikan konsep RDBM (relationship database management), desain antarmuka form agar user friendly(mudah dalam pemakaian) dan terakhir adalah proses penyimpanan dari antarmuka ke dalam databae, yang dikenal dengan coding. Konsep hubungan antar tabel, merupakan penjabaran suatu hubungan secara nyata proses bisnis yang terjadi. Misalnya : ada suatu nota yang berisi, beberapa barang dalam 1 nota yang sama. Analisanya adalah ada hubungan antara tabel jual dengan tabel barang, hubungan ini bersifat satu ke banyak (one to many). Kedua tabel suatu entitas yang berbeda, sehingga ada tabel penghubung keduanya, yaitu tabel detail_jual. Dalam membangun sistem informasi, tahap pertama adalah menggali info di lapangan, salah satunya dengan ”membaca” atau menganalisa berkas laporan dari formulir. Formulir transaksi biasanya dicetak dalam jumlah banyak dan ber nomor seri untuk pencatatan transaksi. Nah apabila Anda sebagai developer sistem informasi, melihat laporan dibawah ini, kira-kira berapa tabel yang terhubung ? terlihat ada suatu 2 detail yang berada dalam suatu baris yang sama,.dan ini adalah desain unik, dalam developer tool, crystal report dinamakan ”sub report” berikut ini adalah bentuk form antar muka untuk input yang menghasilkan laporan di atas, untuk membahas postingan ini, tunggu yaaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan