Catatan Teknisi dalam aplikasi Bengkel

Aplikasi Bengkel, hampir sama dengan retail umum lainnya. Di dalam bengkel, disamping ada transaksi pembelian dan penjualan berupa barang, ada juga suatu layanan berupa reparasi onderdil kendaraan. Sebagai tips dalam sistem manajemen data, setiap jasa harus dibuatkan kode yang dimasukkan ke database. Agak berbeda dengan barang riil lainnya, jasa ini tidak ada harga beli secara nyata ( krn tdk melakukan pembelian ke supplier), harga beli diisikan dengan upah/honor untuk teknisi, sedangkan harga jual sebagai nilai yang dikenakan pada pelanggan. Disamping untuk menstandarkan nilai jual layanan jasa pada pelanggan, pengkodean jasa bisa utk mempermudah pelayanan kasir. Dalam keseharian, jasa yang telah dikodekan tidak cukup memberi keterangan pada pelanggan. Misal: ” JASA PASANG BEARING RODA DPN KANAN KIRI ” Untuk memberi keterangan detail pada pelanggan, ada fitur di Kasir, agar nilai yang dikenakan ke pelanggan dapat dimengerti. Keterangan tambahan ini, biasa disebut ”catatan teknisi” Berikut gambarnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan