Mekanisme Backup Database per menit

Dalam teknologi informasi, Aplikasi/Software/Program baik itu web base atau desktop, mempunyai 1 fokus dalam mengatur coding nya, yaitu database. Informasi, sesuai dengan terminologi nya, adalah suatu bentuk data yang sudah diolah dan mempunyai kemanfaatan bagi penggunanya. Sehingga database menjadi inti dari teknologi informasi.

Pada suatu ketika, ada kejadian di usaha bisnis klien, terjadi kekacauan sistem operasi, terkait dengan putusnya koneksi jaringan. Aplikasi menjadi tidak berfungsi/jalan dan yang menjadi masalah besar adalah database juga menjadi kacau. Pada aplikasi standar produk ProgressiveCode, mekanisme backup adalah mengCopy file database, ketika aplikasi/Software/Program ditutup. Oleh karena kejadian kira-kira pada jam 11.00, artinya masih terlalu pagi untuk berkemas (dan kemudian menutup aplikasi), akibatnya belum terjadi mekanisme backup database. Solusi yang dilakukan, adalah memakai database backup pada tanggal sebelumnya dan melakukan entri data pada tanggal hari itu. (dan sangat merepotkan staf).

Berdasar informasi di lapangan, ada permintaan untuk membuat backup database per satuan waktu tertentu. Berdasar spesifikasi hardware komputer yang digunakan, backup database secara ideal dilakukan per 1 menit.
Mekanismenya sebagai berikut :
1. membuat folder backupAuto pada root directory instalasi aplikasi.
2. membuat folder di dalam folder backupAuto sesuai tanggal sistem komputer
3. meng Copy dan membuat file dengan nama urut nomor
4. menghapus folder (pd no.2) yang terbuat 3 hari yang lalu.

 gambar liat di http://rumahkode.wordpress.com/




Mekanisme di atas secara otomatis dilakukan aplikasi, tanpa ada peringatan. Begitu juga dengan autoDelete, sehingga di dalam folder backupAuto hanya ada 3 folder update 3 hari terakhir (agar tidak membebani komputer dengan file2 yang terbentuk)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan