orang IT = orang teknik/ilmu komputer ??? - Aplikasi Layanan Monitoring Asset

jika kita pengen nulis...ya langsung aja nulis, ga peduli ada ide, mood ato lainnya. Asal badan sehat, ada waktu luang..segerakan nulis, apa pun itu...Bobot tulisan?jgn dipikir kan dulu...knp?kita baru tahu kualitas tulisan jika telah menuliskan dan membaca2 lagi di kmd hari.

Bekal penting utk nulis, tentu saja suka "baca"..entah via buku, dengar radio, ceramah, ato melihat fenomena sekeliling kita. Kecerdasan dalam membaca amat menentukan juga kualitas tulisan kita nantinya...

kali ini, sy pengen share,.tentang orang IT-information technology- (banyak susut pandang ttg IT ini sendiri...secara luas IT adalah segala hal yang berhubungan dgn komputer dan aplikasinya, khususnya yang menangani data sebagai sumber informasi itu sendiri) yang tidak mesti dari jurusan komputer. Pastinya ada kelemahan dan kelebihannya, tp yang jelas ilmu komputer adalah ilmu terapan yang bisa dipelajari secara terbuka via media apapun dan oleh siapa pun. Sehingga dari sini aja, dah memberi jawaban, kenapa "orang IT", ga harus dari ilmu komputer...berbeda dgn dokter yg harus dari FKU, apoteker harus dari farmasi, akuntan harus dari akuntansi dll. Inilah uniknya, suatu pekerjaan profesional yang tidak memerlukan legal formal persyaratan jenjang pendidikan...Mungkin Anda akan berkata "ya iyalah...Om Bill Gates aja kesasar di faculty of Law Havard(shg dia men DO kan diri), juga tdk dari ilmu komputer".

ato bisa jadi, teknologi komputer muncul belakangan..yg dilahirkan dari "otak" jenius orang2 yg kompetensinya (umumnya) exacta (=fak matematika/fisika) dgn kemampuan logika yang luar biasa...Jadi jelas krn ilmu komputer merupakan ilmu turunan dari matematika/fisika/teknik, sehingga orang IT ga harus dari ilmu komputer....(mohon koreksi jika salah).

Untuk jadi org IT, yang mesti ada adalah track record n reputasi berupa kemampuan skill yang nyata dan bisa dilihat (=baca digunakan)  kemampuannya utk menangani masalah2 terkait komputer secara luas..dari teman2 teknisi yang jago trouble shooting hardware, sampe teman2 desain grafis yg mampu mendesain gambar.

ada juga yang bilang inti IT adalah coding...Jangan sebut anak IT jika coding ga mampu..Untuk hal ini mungkin terminologi IT yang lebih khusus terkait data dan pengolahannya shg diperoleh suatu bentuk informasi yang berguna bagi orang lain..Teman2 developer web dan desktop. Ato teman2 developer aplikasi di handphone...ato teman2 yang develop sistem operasi itu sendiri.

sampe disini, teman2 yang desain grafis n multimedia, secara "kasar" bisa digolongkan sebagai user aja...Maaf jika salah,..Yang penting kita bisa berkarya dgn bakat yang sejalan dengan minat dan kemampuan kita sekarang untuk meraih impian masa depan..Ga usah jago IT, jika dia memang jago manajerial human resources..krn dia bisa jadi Bos kita..he3, tp cukup lah ngerti sistem, segala kelebihan dan kekurangn sistem itu...Pendek kata, tiap kita mesti ngerti posisi n tanggung jawabnya utk ber karya....Kiper fokus lah utk jaga gawang, jgn sampe bobol...tp kadang utk detik terakhir pertandingan, kadang ada yang maju waktu tendangan penjuru...sapa tau bisa memenangkan pertandingan dgn sundulannya...he3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan