Autonumber dalam desain tabel induk aplikasi,software,program keuangan

Teringat semasa di SMA N 3 ”Padmanaba” Yogya, ada teman sekelas dengan nama depan sama, yaitu Joko. Ada Joko Dwi Saputro dan Joko Purnomo
, yang pertama oleh teman-teman dipanggil dengan nikc name ”Jedes”. Singkatan dari JDS, inisial nama tentunya, yang satunya sama dengan namanya. (..pa kabar temans..moga selalu sehat n sukses kalian.he he)

Nama dalam hidup keseharian tidak bisa menjadi suatu ciri atau ID suatu objek. Oleh karena itu dalam database, harus dibuatkan kolom yang menjadi pengenal, sehingga bisa mewakili keseluruhan data itu. Pengenal ini, apabila kita ”panggil” hanya 1 data yang muncul. Secara mudah, ID di lingkup database antara lain NIS (nomor induk siswa) dlm lingkup akademis, KTP dlm kependudukan, Nomor rekening (norek) dlm bank tertentu, SIM dlm kepolisian daerah tertentu dll.

Apakah nomor pengenal tadi bisa diganti tidak?
Beberapa hari lalu ada klien saya, suatu koperasi simpan pinjam dengan berbagai sistem yang ada, menginginkan ada perubahan nomor rekeningnya. Perubahan ini adalah kebijakan kantor terkait kinerja operator lapangan. Desain norek ini adalah rangkaian dari nomor unit daerah, tipe pinjaman/hari angsuran dan urutannya.
Beruntunglah, dalam desain tabel induk nasabah, telah saya buat kolom AUTONUMBER, sebagai ID sesungguhnya dalam database itu. Sehingga ID autonumber inilah yang digunakan sebagai penanda/pengkondisian untuk mengubah norek tadi. Bagaimana dengan histori transaksi yang telah dilakukan pencatatannya? Pastilah juga dapat dilacak dan diganti dengan norek yang baru ini. Pengen tahu tekniknya? Tunggu postingan berikutnya...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan