Sistem Informasi Retail : Member dan Diskon pada Point Of Sales / Penjualan

Dalam usaha dagang, ukuran yang paling jelas dalam menilai maju mundurnya usaha adalah penjualan. Begitu banyak pemain retail, dengan ditandai menjamurnya ”mart” yang berjarak kurang dari 500 m di kota (Jogja). Teknik marketing/penjualan retail, sangat beraneka ragam, salah satunya konsep keanggotaan/member. Konsep ini digunakan sebagai cara untuk mengikat pelanggan loyal, sehingga diharapkan mempunyai pemasukan rata-rata yang dapat diperkirakan.

Yang paling umum, terkait dengan konsep member adalah adanya diskon setiap item barang yang dibelinya. Dalam konsep desain sistem database manajemen , diskon melekat pada kode barang, dapat berupa prosentase. Dan juga atribut member pada data pelanggan. Sehingga pada transaksi penjualan POS, akan terlihat seperti dibawah ini

Jual utk umum


jual utk member

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan