Penanganan Bug / Error dalam Aplikasi Sistem Informasi Keuangan

Suatu ketidaknyamanan dalam penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Keuangan, entah yang dinamakan bug atau error, akan menggangu pemakai. Layanan paripurna terkait bug/error tadi sangat diharapkan demi kelancaran usaha bisnis. Teknologi informasi menjadi faktor pendukung kemajuan usaha, karena pencatatan yang rapi dan detail, dapat dijadikan bahan dasar analisa serta pengambilan keputusan terkait perkembangan usaha.

Bug suatu hal yang sulit dihindarkan, hal ini dikarenakan baik programmer atau, analis sistem, selama membuat tak jarang membuat kesalahan ”manusiawi”, yaitu kealpaan. Akan sangat menganggu dan terlebih apabila bug, mengakibatkan jalannya aplikasi langsung menutup,.istlah nya terjadi ”run time error”. Jika aplikasi menutup disaat proses hitungan belum tuntas/lengkap maka akan menyebabkan validasi data yang salah. Oleh karena itu, ada beberapa trik untuk mengantisipasinya

a. gunakan penanganan error (error handler)

On Error GoTo errhandler

( coding anda )

Exit Sub
errhandler:
MsgBox Err.Description, vbCritical

= = =
Jika ada bug pada bagian ( coding anda ), maka akan ada kotak pesan yang keluar. Apikasi masih bisa berjalan dan tidak menutup. Tergantung dari kesalahannya, jika validasi masih bermasalah, segera direvisi, akan tetapi jika tidak terkait dengan validasi, masih bisa diabaikan,.


b. gunakan pengkondisian
hal ini terjadi terutama pada suatu upgrade aplikasi. Perubahan database terjadi, baek penambahan kolom/field atau pun tabel-tabelnya. Terkait dengan suatu kolom baru baik itu ber tipe Text atau pun Numeric, akan menimbulkan potensi error.

Sering terjadi bug, antara lain kondisi NULL atau pun TYPE MISTMACH.
Salah satu trik adalah dengan if ... then

Misal,. If ISNULL( rsdata1!premi_kadiv)=true then
txtPremi_kadiv.text=0
else
txtPremi_kadiv.text= rsdata1!premi_kadiv
end if


if isnumeric(txtPremi_kadiv.text)=false then
msgbox”angka salah”
txtPremi_kadiv.setfocus
sendkeys ”{home} + {end}”
else
txtPremi_kadiv.text =vba.format(txtPremi_kadiv.text,”#,###.#0”)
endif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan