Fasilitas Barcode dalam Aplikasi Manajemen Keuangan

Usaha retail dalam perkembangannya, selalu mempunyai frekuensi bisnis yang tinggi. Disamping umumnya retail berbasis usaha jual beli yang dibutuhkan masyarakat, dan juga retail bisa juga berarti penjualan eceran. Pramu niaga mempunyai kesibukan ganda, apabila (terutama yang baru) mesti mengingat-ingat harga jual tiap item barang (yang jumlahnya) bisa mencapai ribuan. Aplikasi desktop, mempunyai suatu keunggulan jika mampu memberi fitur berupa pemakaian BARCODE dan pencetakan barcode dengan printer biasa. Umumnya barcode reader bisa diibaratkan alat yang plug n play, colok usb nya dan langsung pake. Barcode reader mempunyai pengaturan pembacaan font barcode yang bisa di set dengan mengikuti manual nya sebelum dipake. Sehingga pemakaian barcode reader sudah banyak digunakan.

Dengan  kemudahan pemakaian barcode reader dan kecepatan akses data sewaktu menggunakan. Tinggal menyorotkan sinar barcode reader ke arah label barcode nya, maka langsung menampilkan informasi tentang produk barang itu.


Dalam develop aplikasi manajemen keuangan yang support barcode, pertama yang harus dipastikan adalah font barcode itu sendiri. Font barcode misal 3OF9.TTF, Code128bWin.ttf, FRE3OF9X.TTF harus diinstalkan dalam PC, yaitu copy paste di system/windows/font.

Aplikasi manajemen keuangan yang baek, selain dapat support dengan barcode reader, mesti bisa mencetak barcode nya. Banyak vendor printer barcode yang dijual di pasaran, tetapi harganya mahal masih diatas 2 juta. Apabila aplikasi manajemen keuangan dapat mempunyai fitur yang bisa mencetak barcode label yang bisa mencetak di kertas khusus pada printer biasa (tinta), maka akan menghemat pengeluaran dana untuk investasi printer cetak barcode label.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan