membangun aplikasi 4- Aplikasi Layanan Monitoring Asset

tahap selanjutnya dalam membangun aplikasi sistem informasi yang memenuhi standar adalah kemampuan penyajian laporan dengan berbagai variasi. Pada tahap ini, faktor yang sangat menentukan adalah rancangan desain struktur database (DB). Apabila aplikasi gagal menyajikan laporan sesuai kebutuhan user/pelaku bisnis, maka haruslah diadakan update struktur DB. 

ada beberapa tool penyajian laporan yang handal..crystal report, active report dll. Berikut contoh laporan data transaksi angsuran pada sebuah lembaga bimbingan belajar...

dalam rancangan desain struktur DB, kenyataan hanya ada 1 jenis hubungan antar tabel, yaitu one to many, yang paling dominan. Untuk hubungan one to one,..sebenarnya tidak ada, maksudnya, 2 tabel itu masih dalam 1 entitas yang sama, sehingga tidak perlu dipisah. Gabungkan aja 2 tabel one to one menjadi 1 tabel dengan atribut yang lebih detail/lengkap.

dalam penyajian laporan, penting sekali adanya pilihan periode waktu dan juga summary tiap kolom angka yang penting. Hal ini dapat digunakan pelaku bisnis utk evaluasi kinerja staf dan sistem bisnisnya, apakah sudah berjalan baek ato belum.

untuk menghasilkan laporan dengan crystal report, dapat digunakan formula untuk menghitung agregat jumlah atau pun penggunaan running total fields dengan berbagai variasinya. Untuk lebih lengkap silakan pelajari sendiri...Jika butuh bantuan, saya terbuka untuk sharing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan