membangun aplikasi 3- Aplikasi Layanan Monitoring Asset


skill coding dan penguasaan akan relational database managemen system (rdbms), untuk kemudian dilengkapi dengan desain form aplikasi yang menarik serta  memberi kemudahan bagi orang awam (user). Salah satu, kemudahan penggunaan adalah adanya fasilitas pencarian data di setiap formnya. Hal ini, menjadi aplikasi standar profesional saat ini, yang mengacu pada keterbatasan manusia dalam mengingat suatu hal (data).

fasilitas pencarian bisa berupa tombol disamping kanan kotak isian, tiap transaksi yang memerlukan kolom kunci. Oleh karena, suatu kolom(=baca field) kunci, berupa karakter yang susah dihafalkan.

Gambar di atas, adalah Form Nasabah suatu koperasi simpan pinjam (terima kasih Pak Joko, owner karya mandiri, Sleman,YK...atas kepercayaannya). Terlihat ada tombol pencarian data nasabah di sebelah kanan kotak isian nama. Apa bila tombol itu di pilih, maka akan keluar kotak isian sbb:

kotak bantuan pencarian akan muncul di kiri bawah. Pada kriteria pencarian diberi pilihan, yaitu NoRek, Nama, Kelurahan dll, setiap mengetik pada kotak isian di kanannya, maka otomatis akan me sortir isi tabel sesuai pencarian.

dan seterusnya...setelah diperoleh data yang diinginkan maka kita klik 2 kali, maka data akan terisi pada form nasabah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan