Manajemen Informasi Bengkel 01 – Aplikasi/program monitoring keuangan untuk bengkel


Usaha bengkel mempunyai proses bisnis yang sama dengan retail umum lainnya. Hal yang membedakannya adalah Manajemen Informasi Bengkel mempunyai tambahan produk jasa (menambal ban, cuci mobil/motor, spooring dll) yang harus dijadikan produk barang yang bisa dijual. Pendek kata produk jasa ini dianggap barang dagangan, sehingga mesti dientrikan/disimpan dalam database juga.



Untuk membedakan suatu item sehingga memudahkan dalam pencarian, maka dibuatkan suatu penggolongan berdasar kategori barang. Oleh karena menambal ban, cuci mobil/motor, spooring dll merupakan kategori jasa, maka apabila melakukan pencarian barang dapat dengan mengganti dengan kategori barang.


Pada modul stok barang ini, semua keterangan/atribut barang dapat diganti sewaktu-waktu kecuali STOK TERKINI. Hal ini didasari suatu konsep “monitoring keuangan – stok” yang terintegrasi, yang dimaksudkan bahwa segala perubahan terkait dengan stok harus melalui suatu transaksi dan harus TERLAPORKAN.

Ingat stok barang adalah ASSET ANDA, pengurangan dan penambahan suatu stok harus sesuai jumlahnya di tempat penyimpanan dan terlaporkan dengan segala variasi laporannya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan