Sabtu, 30 Januari 2010

Manajemen Informasi Bengkel 01 – Aplikasi/program monitoring keuangan untuk bengkel


Usaha bengkel mempunyai proses bisnis yang sama dengan retail umum lainnya. Hal yang membedakannya adalah Manajemen Informasi Bengkel mempunyai tambahan produk jasa (menambal ban, cuci mobil/motor, spooring dll) yang harus dijadikan produk barang yang bisa dijual. Pendek kata produk jasa ini dianggap barang dagangan, sehingga mesti dientrikan/disimpan dalam database juga.



Untuk membedakan suatu item sehingga memudahkan dalam pencarian, maka dibuatkan suatu penggolongan berdasar kategori barang. Oleh karena menambal ban, cuci mobil/motor, spooring dll merupakan kategori jasa, maka apabila melakukan pencarian barang dapat dengan mengganti dengan kategori barang.


Pada modul stok barang ini, semua keterangan/atribut barang dapat diganti sewaktu-waktu kecuali STOK TERKINI. Hal ini didasari suatu konsep “monitoring keuangan – stok” yang terintegrasi, yang dimaksudkan bahwa segala perubahan terkait dengan stok harus melalui suatu transaksi dan harus TERLAPORKAN.

Ingat stok barang adalah ASSET ANDA, pengurangan dan penambahan suatu stok harus sesuai jumlahnya di tempat penyimpanan dan terlaporkan dengan segala variasi laporannya.



Tidak ada komentar:

artikel IT lainnya

Loading...

Portofolio

Lebih dari 5 tahun berkarya dan menghasilkan produk jasa berupa “aplikasi monitoring keuangan dan asset”. Terbukti klien tersebar di seluruh nusantara : Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali dan Kalimantan. Kami sanggup membangun sistem informasi monitoring keuangan segala bentuk sistem bisnis.
Lihat Facebook Profil
Fitur – fitur utama aplikasi kami antara lain:
1. mendukung multiuser
2. mempunyai tingkatan hak akses berdasar user name saat login
- hak untuk membuka modul
- hak untuk mengakses tombol (simpan, ubah, hapus, cetak)
3. dilengkapi fasilitas pencarian data, tiap modul dengan pilihan kategori pencarian, sehingga user tidak kesulitan menampilkan/mencari kembali.
4. mempunyai mekanisme backup database setiap menutup aplikasi
5. support barcode reader dan mini printer, dan segala pencetakan continous form kertas
6. mempunyai fasilitas membuat label barcode sendiri, sehingga menghemat jutaan rupiah untuk pengadaan printer barcode
7. laporan yang lengkap dan detail
- per periode tanggal
- per ID tertentu (karyawan, Customer dll)
- laporan detail dan summary
- laporan dapat berbentuk grafik dan gambar suatu barang.
- Laporan yang dapat di export ke format ms word, pdf, ms excel dll
8. Lebih dari puluhan laporan tergantung kompleksitas sistem
Kelebihan (strengness):
1. Tanpa ada batas waktu penggunaan
2. Dapat disetup di semua PC/Laptop yang ber platform windows
3. Multi User, tanpa ada batasan jumlah PC yang terhubung
4. Mempunyai Tingkat Akses Pengguna yang dapat diatur.
5. Laporan dapat diexport ke dalam format Microsoft Office (Excel, Word), Portable Document Format dll
6. Tiap transaksi akan mencatat pengguna yang melakukan, sehingga mudah dalam monitoring.
Kelemahan (weakness)
1. Hanya bisa menggunakan platform windows.
Peluang (opportunity)
1. Aplikasi menggunakan compiler (bahasa pemrograman) yang sangat kompatibel dengan windows
2. Mudah dalam adaptasi penggunaannya
Hambatan/ancaman (threat)
platform windows, rentan terhadap virus

Terima Kasih Kunjungan Anda