sekilas info- Aplikasi Layanan Monitoring Asset

Dominasi negara maju terhadap dunia, tidak lepas karena penguasaan informasi. Penguasaan informasi meliputi cara memperoleh, mengolah dan menggunakan informasi “matang” untuk tujuan lebih lanjut. Misalnya dengan teknologi satelit yang dapat memotret 60 meter di bawah permukaan tanah sehingga dapat diperoleh informasi sumber-sumber minyak di belahan dunia, pihak yang mempunyai informasi ini dengan leluasa mengendalikan pasaran minyak dunia.


Informasi merupakan kata kunci “kemenangan”, siapa pun yang lebih dahulu memperoleh informasi dan memanfaatkan sebaik mungkin, dapat dipastikan dialah pemenangnya. Kaitannya informasi dengan teknologi saat ini adalah komputer, keterbatasan manusia untuk mengingat, mengolah dan memanfaatkan informasi tadi, menjadi alasan yang logis untuk menguasai ilmu komputer.

Ilmu komputer yang fokus tentang informasi, orang menyebut teknologi informatika. Di cabang ilmu komputer ini, dibahas mulai dari pengertian, sumber dan pengolahan informasi, hingga tentang penyajian suatu laporan yang digunakan sebagai pengambilan keputusan strategis. Informasi itu sendiri merupakan kumpulan data yang telah mengalami proses pengolahan, sehingga siap digunakan. Kumpulan data ini saat disimpan dalam komputer, mengikuti aturan dan software tertentu sebagai database, misal oracle, mysql, ms SQL server, ms access, DB2, postgress, ms Visual Foxpro, dBase dll. Manajemen database saat ini menggunakan aturan yang paling populer yaitu SQL (structured query language), dengan software ini, database yang kompleks dapat dikelola dengan baik, dengan konsep relasional antar tabel. 

Di samping itu dipelajari juga tentang jaringan komputer karena informasi tidak terbatas pada hanya lingkup satu komputer yang terpisah (standalone), tetapi sudah menyangkut jaringan, baik secara lokal area maupun global (internet). Penguasaan terhadap instalasi jaringan sebagai pendukung terhadap distribusi maupun pengelolaan database.

Untuk “menjembatani” pengguna untuk mengelola database dengan mudah dan cepat, maka dibuatlah antarmuka (interface). Teknologi informasi saat ini, membedakan 2 antarmuka/form untuk mengelola database tadi yaitu antarmuka desktop dan internet (web). 

Software yang populer untuk membuat aplikasi antarmuka desktop saat ini Visual Basic 6 dan Delphi 7. Aplikasi antarmuka desktop menangani komputer standalone atau pun jaringan lokal area (LAN), aplikasi ini lebih ditujukan untuk menangani pengolahan data transaksi perkantoran, perdagangan, pendidikan, rumah sakit dll. Berikut ini contoh antarmuka dengan Visual Basic 6


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Monitoring Progress Proses dalam Digital Printing Advertising – Multi User (Sistem Titip)

Surat Perintah Kerja dalam Usaha Digital Printing

Manajemen Informasi Bengkel 02 – Otomatisasi penggajian komisi penjualan